Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Senin, 23 September 2013

ARTIKEL PADUAN IPTEK DAN SENI



MANAJEMEN
“PADUAN IPTEK DAN SENI”
Oleh Nurul Ngaini
Pada dasarnya manusia telah diberi akal dan nafsu oleh Alloh SWT, akal dan nafsu inilah yang mendorong manusia untuk menciptakan sesuatu yang dapat mewujudkan cita-cita dan penghargaanya. Dalam mewujudkan cita-cita tersebut manusia telah menciptakan iptek dan seni sebagai salah satu sarana sehingga sejak saat itu kehidupan manusia mulai berubah. Selain itu iptek dan seni juga telah mempengaruhi peradaban manusia dalam kehidupanya terutama dalam budaya.IPTEK???
 Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui apa itu IPTEK?? 
  IPTEK ialah sebuah sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan seseorang  dibidang teknologi. Dengan kata lain, IPTEK merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan terbaru tentang teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi. Contoh perkembangan IPTEK adalah Smartphone, BB, FB, Twitter, Robot pelayan, Laptop, internet dll. Seiring berkembangnya IPTEK inilah dapat menimbulkan efek negatif dan positif.
Ø  Efek negatif dari iptek :
- IPTEK bisa merusak moral, dimana Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral seseorang. Misalnya, konten porno, dll.
- IPTEK membuat orang semakin malas, IPTEK mempunyai tujuan mempermudah/memanjakan manusia. Jadi manusia kini semakin malas karena sudah ada teknologi yang dapat menggantikan dirinya bekerja.
- IPTEK menimbulkan perpecahan dan peperangan. Perkembangan IPTEK di dunia pertahanan dan keamanan telah menciptakan mesin pembunuh yang sangat mematikan.
Ø  Selain sisi negatif, IPTEK juga mempunyai sisi positif, diantaranya adalah sebagai berikut :
- IPTEK mampu meringankan masalah yang dihadapi manusia.
- IPTEK mengurangi pemakaian bahan – bahan alami yang semakin langka.
- IPTEK membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat
- IPTEK membawa manusia kearah lebih modern.
SENI ???
Dewasa ini, seni dapat diartikan sebagai intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Cabang seni ada lima yaitu : Seni Tari/gerak, Seni Rupa, Seni Suara/Vocal/Musik, Seni Sastra, dan Seni Teater/drama . Seni tidak akan terlepas dari perkembangan kehidupan manusia bahkan semakin kian beragam .
Bagaimana perpaduan IPTEK dan seni???
 Dari pengertian yang telah dijabarkan diatas dapat disimpulkan bahwa IPTEKS (ilmu pengetahuan teknologi dan seni) adalah segala sesuatu yang diketahui oleh manusia di segala bidang yang tersusun secara sistematis, dapat di gunakan untuk menjelaskan gejala-gejala di alam dengan menggunakan teknologi-teknologi yang ada, dan tak lepas dari kegiatan rohani yang menimbulkan cipta, rasa, dan karsa. Secara singkat, IPTEKS berarti ilmu pengetahuan mengenai teknologi yang dikembangkan oleh manusia dan berbasiskan pada seni.
IPTEK dan seni tidak akan lepas dari kehidupan manusia dari waktu ke waktu karena dari manusialah IPTEK dan seni itu lahir, dan menjadikan paduan IPTEK dan seni itu ada. Hidup tiada indah tanpa seni begitupun IPTEK, IPTEK tanpa seni hanyalah sebuah karya tanpa nilai estetika. Begitupun sebaliknya kehidupan tanpa IPTEK adalah nol besar.
Dan dari sini lah dapat kita lihat paduan antara IPTEK dan seni itu sendiri antara lain sebagai contoh :
1. IPTEK dan seni menjaga kemampuan keseimbangan antara otak kiri dan kanan (seni)
2. Dengan menguasai seni setiap orang dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupan masyarakat yang majemuk serta mengembangkan kemampuan imajinatif intelektual, ekspresi, kepekaan rasa, dan ketrampilan guna menerapkan teknologi dalam berkreasi dan memamerkan hasil karya seninya.
3. Seni merupakan unsur penting untuk melengkapi produk IPTEK, sebagai contoh: Dalam menulis suatu karya sastra (puisi, cerita, artikel dsb) akan dipandang sebelah mata jika tidak menggunakan seni (pemilihan kata yang bagus, pengungkapan, gaya bahasa dsb) karena sekilas sudah dianggap tidak menarik.

Manajemen, paduan iptek dan seni. Apa ituu???
Mary Parker Folllett mendefinisikan “manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Karenanya, manajemen dapat diartikan sebagai ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Manajemen dipandang dari berbagai perpektif yang ada, mempunyai dasar yang kuat yang tidak terlepas dari perpaduan antara ilmu dan seni. Manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain. Intinya bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing ( mengatur ) untuk mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana orang lain memerlukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama. Seni dalam manajemen yaitu membentuk manusia menjadi lebih kreatif, inovatif, aktif dan efektif.
 Lalu apa kaitannya antara manajemen, iptek, dan seni? Secara nalar bisa kita simpulkan bahwa manajemen adalah sebuah ilmu seni, ilmu seni yang membutuhkan iptek dalam perkembangan dan kemajuannya. Manajemen tidak akan bisa berjalan tanpa adanya suatu iptek sebagai pendukung, sedangkan untuk bisa menjadi pendukung yang baik dalam manajemen iptek memerlukan sentuhan seni yang kreatif untuk menghasilkan manajemen yang unggul. Begitulah manajemen yang baik.




0 komentar:

Posting Komentar